Allah Tidak Membebani SeSEORANG MeLainkan Sesuai Dengan Kesanggupannya(Al-Baqarah:286)

Kamis, 10 Januari 2013

PEMBELAJARAN INKUIRI DAN DISCOVERY



a.  Pengertian
Adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang menentukan pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang di pertanyakan. Proses berpikir itu sendiri biasanya dilakukan melalui tanya jawab antara guru dan siswa.

b.  Ciri-ciri
1.      Dalam system ini guru menyajikan bahan pelajaran tidak dalam bentuknya yang final tapi peserta didik yang diberi peluang untuk mencari dan menemukan sendiri dengan mempergunakan teknik pendekatan pemecahan masalah.
2.      Strategi ini menekankan pada aktivitas siswa secara maksimal untuk mencari dan menemukan.
3.      Seluruh aktivitas dilakukan siswa diarahkan untuk mencari dan menemukan jawaban sendiri dari sesuatu yang dipertanyakan.

c.  Tujuan
Adalah mengembangkan kemampuan berfikir secara sistematis, kritis, dan logis atau mengembangkan intelektual sebagai bagian dari proses mental. Pendekatan belajar ini sangat cocok untuk materi pelajaran yang bersifat koognitif.

d.  Prinsip-prinsip
1.      Berorientasi pada pengembangan
2.      Intelektual
3.      Prinsip interaksi
4.      Prinsip bertanya
5.      Prinsip belajar untuk berfikir
6.      Prinsip keterbukaan



e.  Prosedur
1.      Stimulation
2.      Problem statement
3.      Data collection
4.      Data processing
5.      Verification
6.      Generalization

F.  Daftar referensi
Rusyan,Drs.Atabrani dkk.1992.Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar.Bandung.PT Remaja.
Suwana M.Pd dkk.2001.Pengajaran Mikro. Jogyakarta.Tiara Wacana.
Sanjaya,Dr.Wina,M.Pd.2006.Strategi Pembelajaran.Jakarta.Kencana Prenada Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar