Allah Tidak Membebani SeSEORANG MeLainkan Sesuai Dengan Kesanggupannya(Al-Baqarah:286)

Rabu, 02 April 2014


Nama kelompok :  Ilham Mu’arif
                                    R. indah riskiyati
                                    Iffatur rizqiyah
Soal hal 15
1.       a. mengajar dengan metode ceramah telah membudaya. Guru berperan sebagai sumber informasi sedang informasi sedangkan siswa sebagai penerima informasi.
b. latar belakang budaya mahasiswa yang
kurang biasa mengajukan pertanyaan dan mengeluarkan pendapat
c. model pembelajaran saat ini yang dikembangkan adalah contexstual teaching and learning (CTL) , menuntut mahasiswa lebih banyak terlibat secara mental didalam proses belajar mengajar.
d. terdapat anggapan bahawa pertanyaan diajukan khusus untuk mengevaluasi hasil belajar siswa.
e. untuk meningkatkan partisipasi siswa dan sebagai sumber informasi bagi siswa

2.       a. keterampilan bertanya dasar terdiri dari komponen dasar yang perlu diterapkan  dalam mengajukan segala jenis pertanyaan ,
b. keterampilan bertanya lanjut mengutamakan pengembangan berpikir siswa, memperbesar partisipasi dan mendorong siswa agar dapat berinisiatif sendiri.

3.       Prinsip keterampilan bertanya dalam pembelajaran meliputi:
                    I.            Kehangatan dan antusias : untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam proses belajar mengajar
                  II.             
4.       a. mengulangi pertanyaan sendiri
b. mengulangi jawaban siswa
c. menjawab pertanyaan sendiri
d. mengajukan pertanyaan yang jawabannya serempak

5.       i. mengungkapkan kembali pertanyaan dengan kalimat yang sederhana dan lebih mudah dipahami siswa
ii.     menyampaikan pertanyaan lain yang jawabannya dapat dipakai untuk menjawab pertanyaan semula
iii.   mengulangi penjelasan penjelasan yang berhubungan dengan pertanyaan








soal hal 21
1.         a. meningkatkan perhatian siswa
b. membangkitkan dan memelihara motivasi belajar
c. memudahkan siswa belajar
d. menumbuhkan percaya diri
e. memunculkan perilaku produktif siswa
2. a. kehangatan keantusiasan yang tunjukkan oleh sikap dan gaya guru, termasuk suara mimik, dan gerakan badan
b. menghindari penggunaan respon yang negative berupa teguran kasar , peringatan yang mendeskreditkan, ejekan dan hinaan

3. a. penguatan kepada pribadi tertentu dengan cara menyebutkan nama yang bersangkut agar siswa tahu kepada siswa tahu kepada siapa penguatan itu diberikan.
b. penguatan kepada kelompok siswa, diberikan apabila satu kelompok siswa telh menyelesaikan tugas dengan baik, atau menunjukkan prestasi yang lebih baik dibandingkan kelompok

4. a. mimic berupa jempol, teuk tangan. Senyuman dan gerak badan
b. penguatan dengan mendekati siswa untuk menyatakan perhatian siswa dan simpati guru terhadap hasil kerja siswa
c. penguatan dengan kegiatan yang menyenangkan siswa : jika salah satu siswa lancar membuat preparat makan diberi kesempatan untuk membantu teman yang lainnya
d. penguatan berupa pemberian symbol atau penghargaan yaitu diberi bintang bagi siswa yang aktif


Tidak ada komentar:

Posting Komentar