Nama
kelompok : Ilham Mu’arif
R.
indah riskiyati
Iffatur
rizqiyah
Soal
hal 15
1. a.
mengajar dengan metode ceramah telah membudaya. Guru berperan sebagai sumber
informasi sedang informasi sedangkan siswa sebagai penerima informasi.
b. latar belakang
budaya mahasiswa yang
kurang biasa mengajukan pertanyaan dan mengeluarkan
pendapat
c. model
pembelajaran saat ini yang dikembangkan adalah contexstual teaching and learning (CTL) , menuntut mahasiswa lebih
banyak terlibat secara mental didalam proses belajar mengajar.
d. terdapat
anggapan bahawa pertanyaan diajukan khusus untuk mengevaluasi hasil belajar
siswa.
e. untuk
meningkatkan partisipasi siswa dan sebagai sumber informasi bagi siswa
2. a.
keterampilan bertanya dasar terdiri dari komponen dasar yang perlu
diterapkan dalam mengajukan segala jenis
pertanyaan ,
b. keterampilan
bertanya lanjut mengutamakan pengembangan berpikir siswa, memperbesar
partisipasi dan mendorong siswa agar dapat berinisiatif sendiri.
3. Prinsip
keterampilan bertanya dalam pembelajaran meliputi:
I.
Kehangatan dan antusias : untuk meningkatkan
partisipasi siswa dalam proses belajar mengajar
II.
4. a.
mengulangi pertanyaan sendiri
b. mengulangi
jawaban siswa
c. menjawab
pertanyaan sendiri
d. mengajukan
pertanyaan yang jawabannya serempak
5. i.
mengungkapkan kembali pertanyaan dengan kalimat yang sederhana dan lebih mudah
dipahami siswa
ii.
menyampaikan pertanyaan lain yang jawabannya
dapat dipakai untuk menjawab pertanyaan semula
iii.
mengulangi penjelasan penjelasan yang
berhubungan dengan pertanyaan
soal hal 21
1.
a. meningkatkan perhatian siswa
b. membangkitkan dan memelihara motivasi belajar
c. memudahkan siswa belajar
d. menumbuhkan percaya diri
e. memunculkan perilaku produktif siswa
2. a.
kehangatan keantusiasan yang tunjukkan oleh sikap dan gaya guru, termasuk suara
mimik, dan gerakan badan
b. menghindari
penggunaan respon yang negative berupa teguran kasar , peringatan yang
mendeskreditkan, ejekan dan hinaan
3. a.
penguatan kepada pribadi tertentu dengan cara menyebutkan nama yang bersangkut
agar siswa tahu kepada siswa tahu kepada siapa penguatan itu diberikan.
b. penguatan
kepada kelompok siswa, diberikan apabila satu kelompok siswa telh menyelesaikan
tugas dengan baik, atau menunjukkan prestasi yang lebih baik dibandingkan kelompok
4. a. mimic
berupa jempol, teuk tangan. Senyuman dan gerak badan
b. penguatan
dengan mendekati siswa untuk menyatakan perhatian siswa dan simpati guru
terhadap hasil kerja siswa
c. penguatan
dengan kegiatan yang menyenangkan siswa : jika salah satu siswa lancar membuat
preparat makan diberi kesempatan untuk membantu teman yang lainnya
d. penguatan
berupa pemberian symbol atau penghargaan yaitu diberi bintang bagi siswa yang
aktif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar