a. Pengertian
Adalah rangkaian
kegiatan pembelajaran yang menentukan pada proses berpikir secara kritis dan
analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang di
pertanyakan. Proses berpikir itu sendiri biasanya dilakukan melalui tanya jawab
antara guru dan siswa.
b. Ciri-ciri
1. Dalam
system ini guru menyajikan bahan pelajaran tidak dalam bentuknya yang final
tapi peserta didik yang diberi peluang untuk mencari dan menemukan sendiri
dengan mempergunakan teknik pendekatan pemecahan masalah.
2. Strategi
ini menekankan pada aktivitas siswa secara maksimal untuk mencari dan
menemukan.
3. Seluruh
aktivitas dilakukan siswa diarahkan untuk mencari dan menemukan jawaban sendiri
dari sesuatu yang dipertanyakan.
Adalah mengembangkan kemampuan
berfikir secara sistematis, kritis, dan logis atau mengembangkan intelektual
sebagai bagian dari proses mental. Pendekatan belajar ini sangat cocok untuk
materi pelajaran yang bersifat koognitif.
d. Prinsip-prinsip
1. Berorientasi
pada pengembangan
2. Intelektual
3. Prinsip
interaksi
4. Prinsip
bertanya
5. Prinsip
belajar untuk berfikir
6. Prinsip
keterbukaan
e. Prosedur
1. Stimulation
2. Problem
statement
3. Data
collection
4. Data
processing
5. Verification
6. Generalization
F. Daftar
referensi
Rusyan,Drs.Atabrani dkk.1992.Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar.Bandung.PT
Remaja.
Suwana M.Pd dkk.2001.Pengajaran Mikro. Jogyakarta.Tiara
Wacana.
Sanjaya,Dr.Wina,M.Pd.2006.Strategi Pembelajaran.Jakarta.Kencana
Prenada Media.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar